Kamis, 17 Oktober 2013

Cara Peletakan Kandang Love Bird

 

Peletakan kandang lovebird juga harus diperhatikan agar tidak sampai terjadi burung stress, sakit, atau bahkan sampai mati.
Penempatan kandang yang ideal, ditentukan oleh beberapa faktor yaitu:

1.Keamanan Ruangan
yang kami maksud dengan keamanan ruangan adalah, usahakan ruang anda tidak kontak langsung dengan dunia luar. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal ini mencegah love bird anda terbang entah kemana bila terjadi kejadian love bird lepas dari kandang. Paling tidak, tutup jalan keluar dengan Kawat ram, sehingga udara tetap segar, dan Love bird tetap aman di dalam ruangan.

2.Tingkat Kelembaban ruangan.
Ruangan yang terlalu lembab akan memancing tubuhnya jamur/lumut/serangga, dan beragam penyakit, terlebih berpengaruh terhadap glodok love bird. Glodok yang lembab menyebabkan ketidaknyamanan Lovebird berada dalam glodok, tentu juga mengganggu proses produksi dan kesehatan Love Bird. Disarankan ruangan yang akan dipakai tidak terlalu lembab

3.Tingkat Keramaian ruangan
Love bird juga akan terganggu dan bisa stress kalau lingkungan sekitarnya terlalu ramai dan bising, terlebih terlalu banyak orang lalu lalang. Jika lovebird merasa stress, tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan dan proses produksi, ada juga yang akan bunuh diri jika Love bird sangat sangat stress. Disarankan ruangan yang akan dipakai tidak terlalu berisik dan jarang dilalui orang.

4.Pencahayaan
Sediakan pencahayaan yang baik dalam ruangan yang akan anda pakai, Pencahayaan sedikit banyak mempengaruhi semangat dari Love Bird itu sendiri. jika terlalu gelap pada siang hari, jelas love bird akan bermalas malasan, dan tidak bersemangat. Bagusnya pada saat siang hari, banyak cahaya yang masuk dalam ruangan, selain ruangan akan menjadi hangat pada siang hari, Love Bird dijamin akan semangat dan ngoceh.

5.Kualitas udara yang baik
Ruangan yang terdapat ventilasi udara sangat dianjurkan sebagai penempatan Kandang2 love bird anda. Ruangan yang terlalu pengap, dan berdebu akan mengganggu sistem pernafasan Love Bird, terlebih pada anakan yang baru lahir sangat beresiko terjadi kematian karena pernafasan terganggu.
6.Kebersihan Ruangan
Pilihlah ruangan yang bersih, baik dari debu, serangga, dan hewan liar lain. Minimalkan adanya barang2 bekas dengan bau tidak sedap, juga minimalkan adanya kecoak, tikus, atau serangga lain yang dapat mengganggu dan mengancam Love Bird, Glodok, Telur, Serta anakan yang baru menetas. Diharapkan tanpa adanya ancaman dan pengganggu dari hewan lain, Love Bird akan merasa aman dan dapat produksi dengan lancar.

Itulah saran yang dapat kami berikan jika anda masih merasa kebingungan menempatkan kandang2 Love Bird anda. Meskipun kami bukan ahli dalam dunia Love Bird, kami menarik kesimpulan dari pengalaman kami sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar